Review Game CBT Genshin Impact – Game The Legends Of Zelda Tapi Versi Kawai

0

Saat pertamakali diumumkan, Genshin Impact langsung dapatkan respon cukup negatif dari para fans. Salah satunya adalah bagaimana developernya, miHoYo yang juga merupakan developer Honkai Impact membuat gamenya cukup “mirip” dengan Legend of Zelda: Breath of the Wild milik Nintendo. Padahal jika kamu perhatikan dengan seksama, ia hanya ambil cell shade dan dunia open-worldnya saja. Sementara gliding merupakan fitur yang sudah lama ada di beberapa game lain, jadi ini tidak saya anggap sebagai fitur baru dan orisinal dari Zelda.

Color pallet dan pilihan warnanya juga sangat berbeda. Jika Legend of Zelda: Breath of the Wild condong ke warna-warna semi-pucat. Maka Genshin Impact justru sebaliknya. miHoYo memilih warna-warna mencolok yang identik dengan anime Jepang pada umumnya. Lebih bagus malah.Memang, terdapat beberapa yang mirip seperti tower untuk teleport dan meningkatkan level tower untuk menambah stamina dan sebagainya. Namun jika kamu telah memainkannya, kamu akan merasakan bagaimana game ini cukup berbeda dari salah satu masterpiece Nintendo tersebut.

Setidaknya, itulah kesan pertama saya saat pertamakali memainkannya. Lalu, bagaimana dengan elemen RPG yang disandangnya? Berikut pengalaman saya setelah mencoba gamenya untuk berberapa lama

Misi Menyelamatkan Saudara/Saudari Mu

Di awal perkenalan gamenya, kamu akan disuguhkan cutscene menarik antara pertempuran dua orang kakak beradik melawan entitas perempuan. Dari sini kamu diberi pilihan untuk memilih salah satu di antara keduanya dengan satu misi: menyelamatkan saudara/i-mu bersama rekanmu bernama Paimon, seorang cewek imut mungil yang melayang di sekitarmu dan selalu bawel.
Saya tidak mau berkomentar apapun tentang ceritanya, karena gamenya sendiri tergolong belum rampung dikerjakan dan perlu perbaikan di sana dan di sini. Namun satu hal yang saya perlu komentari adalah bagaimana terjemahan berbahasa Inggris dari ceritanya termasuk salah satu yang cukup rumit dimengerti.

Saya tidak tahu apakah saya yang terbiasa dengan bahasa Inggris Amerika kurang memahaminya karena kemampuan berbahasa saya, atau memang terjemahannya yang kurang mengena. Masalah ini memang diperbaiki oleh voice acting berbahasa Inggris, namun tidak untuk teks yang entah kenapa menurut saya pribadi masih perlu diperbaiki.

Banyak Character Yang Bisa Di Pakai

Genshin Impact memiliki kurang lebih 30 karakter yang bisa dimainkan. Beberapa karakter merupakan karakter mutlak yang bisa kamu dapatkan melalui story quest seperti Lisa si penyihir petir maupun Amber si pemanah api. Mereka semua memiliki berbagai senjata dan elemennya masing-masing, mulai dari api, air, es, angin, tanah, listrik, dan satu elemen yang belum saya temukan sama sekali.
Namun hal yang paling menarik dari karakter dengan elemen tersebut adalah kemampuan mengganti karakternya. Kamu akan bisa membentuk party berisi empat karakter yang bisa diganti secara real-time.

Hal ini membuatmu bisa memadukan dan memberikan combo tertentu pada setiap serangamu. Misalnya saja setelah kamu menyabetkan pedang, kamu bisa menggantinya dengan sihir listrik, dan seterusnya. Menariknya, semua elemen yang karakter miliki akan mampu berinteraksi satu sama lain termasuk dengan field. Misalnya saja api yang bisa membakar rerumputan maupun perisai kayu dan memberikan after effect seperti burn, wet, shock, maupun frozen.

Elemen tersebut juga bisa digabungkan untuk memberikan damage yang lebih besar. Misalnya saja ketika musuhmu tengah mengalami efek wet dari serangan es atau terkena hujan, maka kamu tinggal menyetrumnya. Atau musuh berelemen listrik yang bisa kamu bakar untuk menambah kekuatan seranganmu.

Karakter-karakter tersebut juga miliki elemental burst atau bahasa simplenya adalah Ultimate Power yang bisa kamu kumpulkan dengan memukul musuhmu atau menggunakan serangan elemenmu. Simple dan menarik.

Dunia Open World Seperti The Legends Of Zelda Dan Puzzle

Jika dari karakter sudah membuatmu tertarik, tunggu hingga kamu menelusuri dunianya. Dunia Genshin Impact didesain dengan sangat baik dan sangat luas. Saya bahkan tidak percaya smartphone akan mampu menangani dunia sedetail dan seluas ini. Terdapat banyak sekali puzzle mulai dari dungeon puzzle yang butuh menyalakan empat obor untuk membuka dungeon, menggiring arwah ke beberapa tempat tertentu, menghancurkan batu di tebing, hingga membuka segel dungeon di danau. Terdapat banyak sekali puzzle mulai dari dungeon puzzle yang butuh menyalakan empat obor untuk membuka dungeon, menggiring arwah ke beberapa tempat tertentu, menghancurkan batu di tebing, hingga membuka segel dungeon di danau. Sementara dunianya sendiri penuh dengan Hilicurl atau monster yang umumnya muncul dalam gamenya. Ia juga hadirkan semacam tower yang bisa membuka mapmu dan recovery HPmu.

Control Yang Tidak Terasa Seperti Game Mobile Lainnya

Meski dibuat untuk multiplatform termasuk mobile. Saya yang mencobanya di PC tak merasakan kesulitan sama sekali untuk controlnya. Saya bisa menggunakan mouse dan keyboard dengan sangat baik, camera movementnya yang smooth hingga tombol utamanya sama seperti game action RPG kebanyakan.Meski dibuat untuk multiplatform termasuk mobile. Saya yang mencobanya di PC tak merasakan kesulitan sama sekali untuk controlnya. Saya bisa menggunakan mouse dan keyboard dengan sangat baik, camera movementnya yang smooth hingga tombol utamanya sama seperti game action RPG kebanyakan. Mulai dari WASD untuk berjalan, klik kiri untuk menyerang, hingga tombol skill maupun item. Kamu juga bisa menyambungkan DS4 ke gamenya kemudian mengubah controlnya menjadi controller

Gacha Dan Pay To Win

Meski miliki control yang oke, namun kamu yang terbiasa dengan game mobile akan langsung mengetahui bahwa game ini miliki monetisasi cukup “biasa” untuk game sekelas game mobile. Kamu akan bisa melakukan gacha karakter dan senjata. Senjata memang bisa didapatkan melalui dungeon maupun quest, namun karakter pada umumnya hanya bisa didapatkan melalui gacha. Kecuali karakter tertentu. Saat game ini saya coba, mata uang bisa didapatkan melalui quest atau challenge tertentu, namun tidak menutup kemungkinan miHoYo mengimplementasikan monetisasi super gila yang bisa saja merusak balance dari gamenya.

Cara naik levelnya-pun sama seperti game koleksi karakter di mobile, lebih parah malah menurut saya jika ini dimonetisasi dengan sangat mahal. Kamu membutuhkan item untuk menaikkan EXP karakter. Ia bisa didapatkan melalui quest, challenge, hingga you guessed it membelinya dengan mata uang premium.

Leave A Reply

Your email address will not be published.